Pages

Tuesday, January 10, 2023

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PAI PADA MATERI BAHAYA PERGAULAN BEBAS MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X TKL SMK NEGERI 2 SRAGEN TAHUN 2019/2020

 Oleh : Ali Mustofa, S.Pd.I

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran PAI Pada Materi Bahaya Pergaulan Bebas Melalui Media Pembelajaran Audiovisual Pada Siswa Kelas X TKL SMK Negegri 2 Sragen “. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Audiovisual. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Sragen.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Observasi pada saat pembelajaran berlangsung dan tes dilaksanakan diakhir pembelajaran dan teknik pengumpulan data ini dilakukan cara 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III.

Teknis analasis data yang digunakan adalah teknik kualitatif .Teknik kualitatif untuk mengolah data hasil tes.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Hasil belajar siswa pada materi pernikahan dalam Islam menggunakan strategi diskusi semakin baik setiap siklusnya dan mencapai indikator yang di tentukan yaitu 85%.

Strategi diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pernikahan dalam Islam di kelas X TKL SMK Negeri 2 Sragen, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa pra siklus hanya ada 6 peserta didik atau 30%, Siklus I sebanyak 10 peserta didik atau 50%, Siklus II sebanyak 15 peserta didik atau 70% dan pada siklus III sudah mencapai 18 peserta didik atau 90%.

Lanjutkan baca link dibawah :

https://docs.google.com/document/d/12ijCCWVQSbIUWHu3m9ReUS7wLeQ6sWGa/edit?usp=share_link&ouid=110702046492325936662&rtpof=true&sd=true



0 comments:

Post a Comment