Pages

Tuesday, January 10, 2023

KIAT MUDAH MENGHAFAL AL-QUR’AN

 

Salah satu bentuk keagungan bulan Ramadhan adalah sebagai syahrul qur’an, dimana di bulan ini kita diingatkan akan sebuah periatiwa besar dalam sejarah peradabanislam, yaitu peristiwa diturunkannya al-Qur’an (Nuzulul Qur’an), Sebagaimana firman Allah

Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hakdan yang bathil.” (QS. Al-Baqarah [2]: 185)

Bulan suci Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan Allah melalui Alquran. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak membaca dan khatam Alquran. Mengapa kita mesti Khatam al-Qur’an di bulan Ramadhan ? 

Karena membaca al-Qur’an memiliki keutamaan yang luar biasa dan pahala yang berlipat ganda, sebagaiman sabda Rasulullah SAW : 

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Membayangkan al-Qur’an yang begitu tebal kadang membuat kita berfikir akan sulit menghatamkannya dalam satu bulan, namun jika kita memiliki target maka akan terlihat mudah.

Perlu diketahui : 

·           Al-Qur’an terdiri dari 30 Juz 

·           Rata-rata tiap juz terdiri dari 10 lembar 

·           Satu bulan ada 30 hari 

·           Shalat wajib ada 5 waktu 

Jika kita ingin menghatamkan (1x) dalam satu bulan maka kita harus membacanya setiap hari 1 juz (10 lembar), caranya bagaimana? cukup dengan membaca 2 lembar setiap selesai shalat fardhu, maka tanpa terasa kita akan menyelesaikan 1 Juz dalam satu hari. jika kitan konsisten setiap hari 1 juz, maka dalam 1 bulan (30 hari) kita akan menyelesaikan 30 juz (Khatam)

Jika kita inging mengkhatamkan lebih dari 1x dalam satu bulan, maka kita tinggal menambah jumlah lembar yang kita baca setiap harinya. 

 Cara menghafal Al-Qur'an : 

·         Bulatkan Niat dan Konsisten

Mengkhatamkan Alquran membutuhkan konsisten dan niat yang kuat. Beragam trik akan percuma, jika tidak ada kesungguhan dari dalam diri. Untuk itu, pastikan kita memiliki keinginan yang kuat untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT

·         Menggunakan Aplikasi Al-Qur’an 

Selanjutnya manfaatkan kecanggihan teknologi dengan menginstall aplikasi Al-Qur’an. Di zaman yang canggih ini sudah banyak bertebaran aplikasi Al-Qur’an yang bisa diinstall di berbagai jenis device. Saat ini orang-orang juga didominasi dengan penggunaan smartphone di kehidupan sehari-hari.

Manfaat menggunakan aplikasi Al-Qur’an pada smartphone ini juga sangat beragam. Selain karena keefektifannya dalam memanfaatkan teknologi yang ada, aplikasi Al-Qur’an juga dikenal lebih praktis. Jadi, meskipun sedang berada di tengah perjalanan, kamu tetap bisa mencicil baca Al-Qur’an agar bisa khatam 


Dengan niat kuat dan anti malas, khatam Al-Qur’an akan jadi lebih mudah selama bulan Ramadhan, silahkan dicoba !

Semoga kita menjadi Ahlul Qur’an. Amin 

Wallahu A’lam 

Ali Mustofa,S.Pd.I

Guru PAI & BP SMK Negeri 2 Sragen

0 comments:

Post a Comment