Pages

Tuesday, January 10, 2023

Muslim Rahmatan Lil ‘alamiin Muslim Moderat

Sahabat sekalian dimanapun berada. Postingan kali ini akan membahas beberapa fakta aktual seputar kehidupan bermasyarakat yang dianjurkan Islam, hingga terwujudnya pribadi Muslim yang rahmatan li l 'aalamiin.

Mendakati tahun politik. Indonesia rawan akan fitnah atau propaganda yang diluncurkan oleh mereka para penggila jabatan yang ditunggangi kepentingan pribadi atau kelompok. Hal itu pastinya memicu ketidaknyamanan masyarakat yang pada akhirnya menjadikan bangsa Indonesia terpecah belah dan intorelan. Acapkali kita bertanya-tanya dan sulit membedakan antara kelompok manakah yang benar dan salah. Memang telah menjadi sunnatullah dalam sebuah masyarakat majemuk, akan terbagi menjadi tiga golongan, yaitu golongan kanan, kiri, dan tengah. Golongan kiri berkonotasi sebagai kelompok yang salah, dan golongan kanan sebaliknya. Keduanya saling menyalahkan dan memfonis berdasarkan ketidaksamaan prinsip dan pemahaman mereka, bisa jadi "mereka sama-sama Muslim". Tidak sedikit kejadian serupa yang pada akhirnya memicu pertikaian, atau lebih familier dengan istilah konflik. Dalam kondisi inilah sikap moderat sangat diperlukan. Moderasi Islam mengajarkan agar manusia sebagai khalifatullah fi l ardh mampu menjadi penengah (ummatan wasathan), bersikap bijak, dan tidak tidak mudah terprofokasi, serta menjadi pelopor perdamainan.

Istilah Muslim Moderat (ummatan wasathan), sebenarnya tidak asing terdengar di telinga kita. Kata wasath (Arab) diserap menjadi wasit (Indonesia), yang bermakna penengah, perantara, penentu, pemimpin, pemisah, pelerai, dan pendamai (KKBI). Sebagai muslim yang moderat, semestinya kita tidak bersikap fanatik terhadap satu golongan dan mampu menerima perbedan. Hargailah dan terima perbedaan selama tidak merugikan. Jika muncul perselisihan, hendaknya kita menjadi penengah dan mendamaikan keduanya. Bersikap moderat akan mereduksi konflik yang berkepanjangan. Dan Muslim Moderat dalah Muslim yang Rahmatan li l 'aalamiin. Wallaahu a'alam bi s showaab. _mustofa060788@gmail.com


0 comments:

Post a Comment